Selasa, 16 Desember 2014

Segmentasi, Targeting, dan Positioning

Advertisement


1.      Kerangka Kerja STP

a.      Segmentasi (Pemilihan pasar ke dalam segmen-segmen)
Meliputi :
·         Pengidentifikasian pasar
·         Pengembangan profil tiap segmen

b.      Targeting (penentuan segmen sasaran)
Meliputi
·         Penilaian pasar
·         Pemilihan segmen sebagai segmen sasaran

c.       Positioning (pemosisian di benak konsumen)
Meliputi :
·         Perumusan konsep positioning
·    Pengembangan bauran pemasaran terkait dengan konsep positioning yang telah dibuat.

2.      Manfaat Segmentasi

a.       Mendesain produk yang ebih responsif terhadap kebutuhan pasar.
b.      Menganalisis pasar
c.       Menemukan peluang
d.      Menguasai posisi superior dan kompetitif
e.       Menentukan strategi promosi yang efektif dan efisien

3.      Syarat-syarat Segmen yang Baik

a.       Segmen itu cukup besar
b.      Punya daya belinya
c.       Dapat dibedakan dengan segmen lainnya
d.      Apakah sudah ada pesaing yang menguasai segmen tersebut ?
e.       Dapat dijangkau
f.       Sumber daya perusahaan memadai

4.      Pertanyaan dalam Targeting

a.       Apakah pasar sasaran telah berubah dalam beberapa waktu terakhir ?
b.      Jangan sampai Anda tetap membidik sasaran yang sama, yang sesungguhnya sudah ditinggalkan oleh konsumen.
c.       Apakah konsumen Anda sesungguhnya sudah sesuai dengan yang direncanakan ?
d.      Apakah dasar Anda memilih segmen tersebut, bukan yang lain ?
e.       Apa yang membedakan segmen ini dengan yang lain ?
f.       Dapatkah Anda buktikan bahwa segmen ini cukup potensial dan menguntungkan.
g.      Apa yang Anda lakukan jika segmen sasaran ternyata tidak memberikan respon ?
h.      Apakah ada segmen sasaran lain yang lebih menguntungkan ?

5.      Kriteria Targeting yang Optimal

a.       Responsif
b.      Potensi penjualan
c.       Pertumbuhan memadai
d.      Jangkauan media

6.      Hal-hal Penting dalam Positioning

a.       Merupakan strategi komunikasi
b.      Bersifat dinamis
c.       Berhubungan dengan even marketing
d.      Berhubungan dengan atribut produk
e.       Positioning harus memberi arti penting bagi konsumen
f.       Atribut yang dipilih haruslah unik
g.      Diungkapkan dalam suatu pernyataan

7.      Pertanyaan dalam Positioning

a.       Apa ada pesaing yang sudah menguasai posisi tersebut di dalam benak konsumen ?
b.      Kalau sudah ada, yakinkah Anda bisa menggusurnya ?
c.       Apakah fitur / atribut dianggap penting oleh konsumen ?
d.      Mampukah Anda memenuhi janji yang diajukan ?
e.       Apa konsumen dapat percaya Anda dapat memenuhi janji tersebut ?
f.       Seberapa besar dana (promosi) yang dibutuhkan untuk mewujudkan posisi tersebut ?

8.      Cara Positioning

a.       Berdasarkan perbedaan produk
b.      Berdasarkan manfaat produk
c.       Berdasarkan pemakaian
d.      Berdasarkan kategori produk
e.       Berdasarkan kepada pesaing
f.       Berdasarkan melalui imajinasi
g.      Berdasarkan masalah



Sumber : Power Point Danang Satrio, SE., MM., dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.
Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini