Selasa, 16 Desember 2014

Dasar-dasar Sosil Pemasaran Memenuhi Kebutuhan Manusia

Advertisement


1.      Pengertian Pemasaran

·         Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang kuat untuk menangkap kembali nilai dari pelanggan.
·    Sedangkan secara umum, pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

2.      Proses Pemasaran

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a.       Pertama, pemasar harus memahami pasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan.
b.   Selanjutnya adalah, pemasar merancang strategi pemasaran yang digerakkan pelanggan dengan tujuan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan sasaran.
c.     Langkah ketiga, pemasar membangun program pemasaran yang benar-benar memberikan nilai unggul.
d.  Seluruh langkah tersebut membentuk dasar bagi langkah keempat, yaitu membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan, dan menciptakan kepuasan pelanggan.
e.     Pada langkah terakhir, perusahaan mendapatkan hasil dari hubungan pelanggan yang kuat dengan menangkap nilai dari pelanggan.

3.      Konsep Inti Pasar

Meliputi :
·         Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
·         Penawaran pasar (produk, jasa, dan pengalaman)
·         Nilai dan kepuasan
·         Pertukaran dan hubungan
·         Pasar

4.      Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan

a.      Kebutuhan
Adalah keadaan yang muncul dari perasaan kekurangan.

b.      Keinginan
Adalah bentuk kebutuhan manusia yang terbentuk oleh budaya dan kepribadian seseorang.

c.       Permintaan
Jika didukung oleh daya beli, maka keinginan akan menjadi permintaan.

5.      Pertukaran dan Pasar

a.      Pertukaran
Adalah tindakan untuk mendapatkan objek yang diinginkan dari pihak tertentu dengan menawarkan imbalan.

b.      Pasar
Adalah kumpulan semua pembeli aktual dan potensial dari suatu produk dan jasa.

6.      Manajemen Pemasaran

Adalah seni dan ilmu memilih target pasar dan membangun hubungan yang menguntungkan dengan target pasar tersebut.

7.      Lima Orientasi Pasar

Manajemen pemasaran dapat menghadapi salah satu dari lima orientasi pasar, berikut ini :
a.      Konsep produksi
Menyatakan bahwa tugas manajemen adalah meningkatkan efisiensi produksi dan menurunkan harga.

b.      Konsep produk
Menyatakan bahwa konsumen menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, dan fitur inovatif terbaik, karena itu hanya diperlukan sedikit usaha promosi.

c.       Konsep penjualan
Menyatakan bahwa konsumen tidaka akan membeli produk organisasi kecuali organisasi mengadakan penjualan dalam skala besar dan usaha promosi.

d.      Konsep pemasaran
Menyatakan bahwa pencapaian tujuan organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan target pasar dan menghantarkan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing.

e.       Konsep pemasaran berwawasan sosial
Menyatakan bahwa menghasilkan kepuasan pelanggan dan kesejahteraan sosial jangka panjang adalah kunci untuk mencapai tujuan perusahaan dan memenuhi tanggungjawabnya.

8.      Sasaran Sistem Pemasaran

·         Pembeli
·         Penjual
·         Masyarakat

9.      Memaksimalkan Kepuasan Konsumen

Pandangan lain mengatakan bahwa tujuan sistem pemasaran adalah untuk memaksimalkan konsumen bukan konsumsi.
Mengukur kepuasan konsumen tidaklah mudah, karena belum adanya pengukur kepuasan yang diberikan sebuah produk pada individu atau yang diberikan oleh aktivitas pemasaran.

10.  Manajemen Hubungan Kemitraan

Dalam membangun hubungan pelanggan, pemasar yang baik menyadari bahwa mereka tidak dapat berjalan sendiri. Mereka harus bekerjasama dengan mitra pemasaran di dalam dan di luar perusahaan.
Selain mampu melaksanakan manajemen hubungan pelanggan yang baik, mereka juga harus mampu melaksanakan manajemen hubungan kemitraan yang baik pula.

11.  Perubahan Dramatis dalam Pemasaran Teknologi

Perkembangan pesat teknologi komputer, telekomunikasi, informasi, transportasi, dan teknologi lain telah menciptkan cara baru yang menarik untuk mempelajari dan melacak pelanggan dan menciptakan produk dan jasa yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan perorangan.

12.  Perubahan Dramatis dalam Pemasaran Globalisasi

Dalam dunia yang semakin kecil seperti sekarang ini, banyak pemasar yang terhubung secara global dengan pelanggan dan mitra pemasaran mereka.
Saat ini, hampir semua perusahaan besar maupun kecil telah tersentuh oleh kompetisi global.

13.  Perubahan Dramatis dalam Tanggungjawab Etika dan Sosial

Pemasar masa kini juga mempelajari kembali tanggungjawab etika dan sosial mereka. Pemasar diharapkan mengambil tanggungjawab yang lebih besar atas dampak sosial dan lingkungan dari tindakan mereka.



Sumber : Power Point Danang Satrio, SE., MM., dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.
Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini