Senin, 15 Desember 2014

Segmentasi Pasar

Advertisement


1.      Pengertian

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda, yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

2.      Manfaat Segmentasi Pasar

a.       Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
b.      Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
c.       Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
d.      Dapat digunakan untuk mengetahui sifat dari masing-masing segmen.

3.      Jenis-jenis Variabel Segmentasi

a.      Segmentasi Geografi
Merupakan segmentasi yang dilihat dari wilayah / lokasi yang akan menjadi sasaran.

b.      Segmentasi Demografi
Merupakan segmentasi yang melihat sasaran berdasarkan jenis kelamin, umur, tingkat pendapatan.

c.       Segmentasi Psikografi
Merupakan segmentasi yang dilihat dari tingkat psikologis masyarakat / konsumen.

d.      Segmentasi Tingkah Laku
Merupakan segmentasi yang dilihat dari perilaku konsumen.

4.      Indikator Pengukuran Segmentasi Perilaku

a.       Manfaat yang dicari : manfaat produk
b.      Status pengguna : intensitas penggunaan produk
c.       Tingkat pemakaian : sering atau tidaknya produk tersebut dipakai
d.      Status loyalitas : berkaitan dengan kesetiaan konsumen terhadap suatu produk

5.      Tahapan Segmentasi Pasar

a.      Tahap survey
Mencari informasi dengan datang ke lokasi secara langsung, untuk mengetahui informasi dasar.

b.      Tahap analisa
Setelah melakukan survey, pasti akan ditemukan masalah-masalah yang harus dikaji atau dianalisis lebih lanjut.

c.       Tahap Pembentukan
Merupakan implementasi dari data yang telah dianalisis.

6.      Penetuan Sasaran Pasar

Sasaran pasar adalah pasar yang akan dilayani oleh perusahaan. Sasaran perlu ditetapkan, agar strategi dan program pemasaran dapat lebih terarah pada sasaran yang ditujukan.

7.      Dasar Penilaian Masing-masing Segmen Pasar

a.       Luas dan pertumbuhan segmen pasar
b.      Struktur pasar
c.       Tujuan dan kapasitas perusahaan

8.      Persyaratan Segmentasi yang Efektif

a.       Dapat diukur (Measurability)
b.      Dapat dijangkau (Accsessibility)
c.       Besarnya cakupan (Substantiality)
d.      Dapat dilaksanakan

9.      Hubungan Penetapan Sasaran dengan Segmentasi Pasar

a.       Preferensi yang homogeny
b.      Preferensi yang menyebar
c.       Preferensi yang mengelompok

10.  Kelemahan Segmentasi Pasar

a.       Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
b.   Biaya riset / penelitian akan bertambah seiring dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
c.   Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
d.      Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang memiliki segmen serupa.



Sumber : Power Point Danang Satrio, SE, MM, dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.
Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini