Senin, 15 Desember 2014

Berbicara dan Menyimak

Advertisement


1.      Berbicara

Berbicara merupakan penyampaian informasi yang dilakukan secara lisan melalui pengucapan kata-kata.

a.      Kelebihannya :
·         Tidak perlu menulis
·         Tidak memerlukan bentuk / komposisi baku
·         Sifatnya tidak merepotkan
·         Tidak perlu mengirimkan pesan tersebut kepada orang yang dituju
·         Waktu yang diperlukan lebih sedikit

b.      Kelemahannya :
·         Jika orang lain sedang berbicara dan kita kurang memperhatikan maka akan kehilangan poin-poin penting yang mungkin disampaikan pada saat kita sedang tidak memperhatikan.
·         Audience seringkali menilai isi pembicaraan berdasarkan penampilan fisik komunikator tanpa mendengar dahulu apa yang disampaikan.
·         Kualitas komunikasi tergantung pada kemampuan untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran ke dalam bentuk ucapan secara spontan / cepat.

c.       Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran berbicara, adalah sebagai berikut :
1)      Pengetahuan
2)      Intelegensia (kecerdasan dan ketepatan cara berfikir)
3)      Kepribadian
4)      Pengalaman
5)      Biologis

2.      Menyimak (Menyimak)

Merupakan kegiatan yang bersifat fisikal dimana seseorang menerima, memperhatikan, serta memahami suara.
Menyimak yang efektif merupakan aktivitas yang aktif dari pikiran seseorang, bukan hanya aktivitas pasif yaitu mendengarkan suara (hearing).

a.      Tahap-tahap proses menyimak
1)      Mendengarkan
2)      Memperhatikan
3)      Memahami
4)      Mengingat
5)      Mengevaluasi
6)      Menanggapi

b.      Tipe Menyimak
1)      Menyimak secara aktif, biasanya dengan memberikan feedback (umpan balik) secara langsung.
2)      Menyimak secara pasif, hanya mendengarkan / keterlibatan rendah.

c.       Sebab-sebab penyimakan tidak efektif, adalah sebagai berikut :
1)      Faktor lingkungan, seperti suara, jarak, dll.
2)      Sumber pesan, misalnya jauh, menyampaikannya tidak runtut, dsb.
3)      Pesan
4)      Individu penyimak, misalnya kondisi fisik penyimak, sikap dan kebutuhan penyimak, kebiasaan penyimak, tanggungjawab penyimak, dll.

d.      Pentingnya menyimak dalam bisnis, adalah sebagai berikut :
1)      Memecahkan konflik
2)      Menanggulangi perlawanan
3)      Mengadakan negosiasi


Sumber : Siti Yunitarini, SE, MM, dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.
Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini