Selasa, 30 Desember 2014

Elemen dan Prosedur dalam Sistem Informasi Akuntansi

Advertisement


1.      Peran Penting SIA dalam Organisasi

a.       Mengumpulkan dan memproses data tentang kegiatan organisasi bisnis secara efektif dan efisien.
b.      Menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi pembuatan keputusan.
c.       Menyelenggarakan prosedur pengendalian internal untuk menjamin daya andal informasi yang dihasilkan dan untuk menjaga aktiva organisasi.

2.      Aktivitas Bisnis dan Informasi yang Diperlukan

Untuk merancang dan menerapkan SIA bagi perusahaan adalah memahami aktivitas bisnis yang akan dilaksanakan oleh sebuah perusahaan.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan dagang mencakup empat siklus transaksi, yaitu :
·         Siklus pendapatan
·         Siklus pengeluaran
·         Siklus sumberdaya manusia
·         Siklus buku besar dan pelaporan
·         Siklus keuangan

3.      Pemrosesan Transaksi

Terdapat tiga tahap yang dilakukan secara berurutan, yaitu :
a.       Merekam data transaksi pada dokumen
b.      Mencatat transaksi pada jurnal
c.       Memposting data dari jurnal ke dalam rekening-rekening buku besar

4.      Laporan yang Dihasilkan

a.       Laporan Keuangan

·         Neraca saldo, keseimbangan debet dan kredit.
·         Melakukan penyesuaian, neraca saldo disesuaikan.
·         Menyusun laporan laba / rugi
·     Menutup buku untuk mengosongkan saldo rekening-rekening pendapatan dan biaya, dan mentransfer laba atau rugi ke rekening modal.
·         Menyusun laporan arus kas dan neraca.

b.      Laporan Manajerial

·         Anggaran
-          Anggaran kas
-          Anggaran operasional
·         Laporan kinerja
Laporan yang menyajikan angka-angka anggaran dan realisasi pendapatan dan biaya, dan selisih keduanya.

5.      Pengendalian Internal

a.       Menjamin informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat dipercaya.
b.      Menjamin aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan sesuai tujuan manajemen.
c.       Melindungi dan menjaga aktiva organisasi.

6.      Metode-metode untuk Mencapai Tujuan

a.       Dokumentasi yang memadai untuk seluruh aktivitas bisnis.

·         Kunci untuk pertanggungjawaban
·         Tanggungjawab yang dibebankan dijalankan secara memadai
·         Meningkatkan akurasi dan efisiensi pemrosesan transaksi.

b.      Pemisahan fungsi atau tugas

·         Pemecahan tanggungjawab
·         Bertujuan mencegah seseorang secara penuh melaksanakan sebuah transaksi.
·         Berfungsi menjaga aktiva perusahaan.





Sumber : Power Point Dian Priatiningsih, SE, M.Sc., dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.



Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini