Advertisement
1.
Pengertian
Promosi adalah
komunikasi yang mengajak, mendesak, membujuk, dan meyakinkan.
2.
Tujuan
Promosi
-
Ada banyak hal mengenai perusahaan kita
yang sebaiknya diketahui oleh pihak luar.
-
Ingin meningkatkan penjualan.
-
Ingin agar perusahaan dikenal sebagai
perusahaan yang baik.
-
Ingin mengetengahkan segi kelebihan
perusahaan / produk jasa kita terhadap saingan.
3.
Target
Promosi
-
Pemakai / calon pemakai
-
Penyalur
-
Masyarakat luas
-
Bank
-
Si pembawa pengaruh
-
Pemerintah
4.
Bauran
Promosi
Bauran promosi adalah campuran dari periklanan,
penjualan perorangan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat.
5.
Menentukan
Bauran Promosi
a.
Faktor
Produk
Yaitu
dengan mempertimbangkan karakteristik dan cara produk itu dibeli, dikonsumsi,
dan dipersepsikan.
b.
Faktor
Pasar
Terdapat tahap-tahap
yang biasa disebut dengan PLC (Product
Life Cycle), yaitu :
·
Tahap
perkenalan
Penekanan
utama untuk produk konsumsi ada pada iklan, guna menginformasikan keberadaan
produk dan menciptakan permintaan awal yang didukung oleh personal selling dan
sales promotion.
·
Tahap
pertumbuhan
Dengan
adanya peningkatan permintaan dan masuknya pesaing, maka metode promosinya
digeser pada iklannya saja.
·
Tahap
kedewasaan
Promosi
yang diberikan untuk membedakan produk perusahaan dari milik pesaing.
·
Tahap
penurunan
Produk yang
dipromosikan mengalami penurunan dalam hal permintaan karena, sedikitnya jumlah
iklan yang dipublikasikan.
6.
Periklanan
a. Bentuk
promosi nonpersonal dan promosi barang, jasa, dan gagasan yang dibayar oleh
sponsor tertentu.
b.
Fungsi
periklanan, yaitu :
·
Memberikan informasi periklanan
·
Membujuk dan mempengaruhi periklanan
·
Menciptakan kesan dengan sebuah iklan
·
Memuaskan keinginan sebelum memilih dan
membeli produk
·
Periklanan merupakan alat komunikasi
c.
Strategi
kreatif dalam periklanan
1)
Strategi
generik (umum)
Merupakan
strategi pengiklanan yang tidak membedakan merek yang dipasarkannya dari
pesaing atau tidak menyatakan keunggulan mereknya yang dipasarkannya.
2)
Strategi
hak pembelian awal (preemptive)
Merupakan
strategi pengiklanan yang membuat pernyataan tipe generik, namun dalam
pengiklanannya membuat pernyataan keunggulan produknya dengan strategi generik,
tetapi menonjolkan superioritasnya.
3)
Strategi
proposi penjualan unik
Merupakan
strategi pengiklanan yang menyatakan produknya dengan menggunakan atribut
produk yang unik, suatu manfaat yang nyata bagi konsumen.
4)
Strategi
citra merek
Merupakan
strategi pengiklanan yang mengembangkan citra atau identitas merek dengan mengasosiasikan
produk tersebut dengan identitas tertentu (identitas khusus atau personalitas
dan diferensiasi psikologis), dan produk relatif sedikit diferensiasi dan merek
relatif homogen.
5)
Strategi
posioning
Merupakan
strategi pengiklanan yang dapat menanamkan mereknya di benak konsumen tentang
produknya dan bagaimana produk dibandingkan dengan penawaran kompetitif.
6)
Strategi
resonansi (gema)
Merupakan
strategi pengiklanan yang menggunakan pengalaman hidup khalayak, biasanya
dimulai dengan riset psikografis dan fokus pada mencari keadaan atau situasi
saat ini hingga menemukan lawan berimbang dengan pengalaman riil atau imajinasi
khalayak.
7)
Strategi
emosional
Merupakan
strategi yang dibuat berdasarkan faktor emosional serta daya tarik emosi. Daya tarik
emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu
produk.
7.
Penjualan
Perorangan
Presentasi perorangan oleh wiraniaga (orang bagian
sales dan marketing) perusahaan untuk penjualan dan hubungan dengan pelanggan.
8.
Promosi
Penjualan
-
Perangsang jangka pendek untuk mendorong
pembelian atau penjualan barang dan jasa.
-
Tujuannya adalah :
·
Meningkatkan penjualan jangka pendek
·
Membangun pangsa pasar jangka panjang
·
Mendapatkan pengecer untuk produk baru
dan membuat stok
9.
Hubungan
Masyarakat
-
Membangun hubungan yang baik dengan
khalayak untuk mendapatkan publikasi untuk membuat citra perusahaan yang baik.
-
Fungsi Humas, adalah :
·
Press relation
·
Product publicity
·
Public affair
·
Lobbying
·
Investor relations
·
Developmant
Sumber : Power Point Danang Satrio, SE., MM., dosen fakultas
ekonomi Universitas Pekalongan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini