Rabu, 17 Desember 2014

Promosi

Advertisement


1.      Pengertian

Promosi adalah komunikasi yang mengajak, mendesak, membujuk, dan meyakinkan.

2.      Tujuan Promosi

-          Ada banyak hal mengenai perusahaan kita yang sebaiknya diketahui oleh pihak luar.
-          Ingin meningkatkan penjualan.
-          Ingin agar perusahaan dikenal sebagai perusahaan yang baik.
-          Ingin mengetengahkan segi kelebihan perusahaan / produk jasa kita terhadap saingan.

3.      Target Promosi

-          Pemakai / calon pemakai
-          Penyalur
-          Masyarakat luas
-          Bank
-          Si pembawa pengaruh
-          Pemerintah

4.      Bauran Promosi

Bauran promosi adalah campuran dari periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat.

5.      Menentukan Bauran Promosi

a.      Faktor Produk
Yaitu dengan mempertimbangkan karakteristik dan cara produk itu dibeli, dikonsumsi, dan dipersepsikan.

b.      Faktor Pasar
Terdapat tahap-tahap yang biasa disebut dengan PLC (Product Life Cycle), yaitu :

·         Tahap perkenalan
Penekanan utama untuk produk konsumsi ada pada iklan, guna menginformasikan keberadaan produk dan menciptakan permintaan awal yang didukung oleh personal selling dan sales promotion.

·         Tahap pertumbuhan
Dengan adanya peningkatan permintaan dan masuknya pesaing, maka metode promosinya digeser pada iklannya saja.

·         Tahap kedewasaan
Promosi yang diberikan untuk membedakan produk perusahaan dari milik pesaing.

·         Tahap penurunan
Produk yang dipromosikan mengalami penurunan dalam hal permintaan karena, sedikitnya jumlah iklan yang dipublikasikan.

6.      Periklanan

a.       Bentuk promosi nonpersonal dan promosi barang, jasa, dan gagasan yang dibayar oleh sponsor tertentu.

b.      Fungsi periklanan, yaitu :

·         Memberikan informasi periklanan
·         Membujuk dan mempengaruhi periklanan
·         Menciptakan kesan dengan sebuah iklan
·         Memuaskan keinginan sebelum memilih dan membeli produk
·         Periklanan merupakan alat komunikasi

c.       Strategi kreatif dalam periklanan

1)      Strategi generik (umum)
Merupakan strategi pengiklanan yang tidak membedakan merek yang dipasarkannya dari pesaing atau tidak menyatakan keunggulan mereknya yang dipasarkannya.

2)      Strategi hak pembelian awal (preemptive)
Merupakan strategi pengiklanan yang membuat pernyataan tipe generik, namun dalam pengiklanannya membuat pernyataan keunggulan produknya dengan strategi generik, tetapi menonjolkan superioritasnya.

3)      Strategi proposi penjualan unik
Merupakan strategi pengiklanan yang menyatakan produknya dengan menggunakan atribut produk yang unik, suatu manfaat yang nyata bagi konsumen.

4)      Strategi citra merek
Merupakan strategi pengiklanan yang mengembangkan citra atau identitas merek dengan mengasosiasikan produk tersebut dengan identitas tertentu (identitas khusus atau personalitas dan diferensiasi psikologis), dan produk relatif sedikit diferensiasi dan merek relatif homogen.

5)      Strategi posioning
Merupakan strategi pengiklanan yang dapat menanamkan mereknya di benak konsumen tentang produknya dan bagaimana produk dibandingkan dengan penawaran kompetitif.

6)      Strategi resonansi (gema)
Merupakan strategi pengiklanan yang menggunakan pengalaman hidup khalayak, biasanya dimulai dengan riset psikografis dan fokus pada mencari keadaan atau situasi saat ini hingga menemukan lawan berimbang dengan pengalaman riil atau imajinasi khalayak.

7)      Strategi emosional
Merupakan strategi yang dibuat berdasarkan faktor emosional serta daya tarik emosi. Daya tarik emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk.

7.      Penjualan Perorangan

Presentasi perorangan oleh wiraniaga (orang bagian sales dan marketing) perusahaan untuk penjualan dan hubungan dengan pelanggan.

8.      Promosi Penjualan

-          Perangsang jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan barang dan jasa.
-          Tujuannya adalah :
·         Meningkatkan penjualan jangka pendek
·         Membangun pangsa pasar jangka panjang
·         Mendapatkan pengecer untuk produk baru dan membuat stok

9.      Hubungan Masyarakat

-          Membangun hubungan yang baik dengan khalayak untuk mendapatkan publikasi untuk membuat citra perusahaan yang baik.
-          Fungsi Humas, adalah :
·         Press relation
·         Product publicity
·         Public affair
·         Lobbying
·         Investor relations
·         Developmant



Sumber : Power Point Danang Satrio, SE., MM., dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.
Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini