Selasa, 30 Desember 2014

Lingkup Sistem Informasi Akuntansi

Advertisement


1.      Pengertian Sistem

Sistem adalah kelompok dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang saling berhubungan yang berfungsi dengan tujuan yang sama.

a.       Pengertian umum mengenai  sistem ada empat, yaitu :
-          Banyak komponen
-          Saling berhubungan
-          Sistem vs subsistem
-          Tujuan yang sama

b.      Sistem memiliki tiga karakteristik menurut definisinya, yaitu sebagai berikut :
-          Komponen
-          Proses
-          Tujuan

c.     Setiap sistem dibuat untuk menangani sesuatu yang berulangkali atau yang secara rutin terjadi.
d.      Komponen-komponen dari suatu sistem biasanya dikenal dengan subsistem.
e.  Suatu sistem juga mempunyai sistem yang lebih besar yang dikenal dengan suprasistem.

f.       Model Sistem Sederhana

Input                                   Proses                                              Output


2.      Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi adalah satu kesatuan sumber-sumber daya, seperti orang dan peralatan, yang dirancang untuk mengubah keuangan dan sumberdaya lainnya menjadi informasi, SIA dapat dilaksanakan secara manual maupun komputerisasi.

a.      Komponen SIA

·   Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut dan melaksanakan berbagai fungsi
·  Prosedur-prosedurbaik manual maupun terotomatisasi yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi.
·         Data tentang proses-proses bisnis organisasi.
·         Software yang dipakai untuk menyimpan data organisasi.
·    Infrastruktur teknologi informasi, termasuk komputer, peralatan pendukung dan peralatan untuk komunikasi jaringan .

b.      Fungsi SIA

1)      Mendukung fungsi administrasi (stewardship) pihak manajemen.
2)      Mendukung pengambilan keputusan pihak manajemen.
3)      Mendukung operasional harian perusahaan.

c.       Fungsi SIA dalam Organisasi

1)  Mengumpulkan dan menyimpan aktivitas yang dilaksanakan disuatu organisasi, sumberdaya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut dan para pelaku dalam aktivitas tersebut.
2)      Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen.
3)      Menyediakan pengendalian internal yang memadai.

d.      Mengapa Perlu Belajar SIA ?

1)      SIA merupakan bagian fundamental dalam pendidikan.
2)      Keterampilan dalam bidang SIA penting dalam mendukung keberhasilan karir.
3)      SIA merupakan komponen kunci dalam proses pembuatan keputusan.
4)      SIA mampu memenuhi kebutuhan informasi.
5)   Revolusi teknologi informasi akan merembes ke segala aspek kehidupan termasuk SIA.

3.      Value Chain

Merupakan satuan aktivitas dan sumberdaya yang diperlukan untuk menciptakan dan menyampaikan / mengirimkan produk dan jasa yang dihargai oleh pelanggan.

a.      Rantai Suplai

·         Bahan mentah pemasok
·         Pabrik
·         Distributor
·         Pengecer
·         Konsumen

b.      Analisis Value Chain

Bagaimana suatu produk itu bisa sampai dari produsen ke konsumen dengan tahapan yang lebih singkat.

c.       Konsep Value Chain

·         A low-cost strategy (strategi biaya rendah)
·         A differentiation strategy (strategi yang unik / berbeda)

d.      Aktivitas Utama dalam Rantai Nilai Organisasi

·         Inbound Logistics
Penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan.
·         Operasi
Aktivitas untuk mengubah masukan menjadi barang dan jasa.
·         Outbound Logistics
Distribusi produk ke pelanggan.
·         Pemasaran dan Penjualan
·         Pelayanan
Dukungan purna jual dan maintenance.

e.       Aktivitas Pendukung Organisasi

1)      Infrastruktur perusahaan         : akuntansi, hukum, administrasi umum.
2)      Sumberdaya manusia      : perekrutan, pengontrolan, pelatihan dan kompensasi kepada pegawai.
3)      Teknologi                                : peningkatan produk dan jasa (penelitian).
4)      Pembelian

f.       Cara SIA Menambah Nilai Organisasi

1)      Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk dan jasa.
2)      Memperbaiki efisiensi
3)      Memperbaiki pengambilan keputusan
4)      Meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan
5)      Memperbaiki keputusan
6)      Berbagi pengetahuan

4.      Informasi dan Keputusan-keputusan

·    Setiap organisasi menerima masukan-masukan dan mengubahnya menjadi keluaran-keluaran berupa produk dan jasa.
·         Dua pihak pengguna utama informasi akuntansi :
-          Pihak eksternal, terdiri dari :
Para pemegang saham, investor, kreditor, lembaga pemerintahan, pelanggan, pemasok, serikat pekerja dan masyarakat.
-          Pihak internal, terdiri dari :
Para pengelola (managers) dari berbagai tingkatan dalam organisasi bersangkutan.

5.      Akuntan dan Pengembangan SIA

·         Para akuntan dapat melaksanakan aktivitas pengembangan sistem sebagai sumber internal perusahaan atau oleh konsultan dari luar perusahaan.
·         Aktivitas pengembangan sistem sering dilakukan juga oleh auditor internal dan eksternal selama penelaahan struktur pengendalian internal SIA.
·         Tahapan umum proyek pengembangan SIA :
-          Analisa SIA
-          Perancangan SIA
-          Implementasi SIA


Sumber : Power Point Dian Priatiningsih, SE, M.Sc., dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.


1.      Pengertian Sistem

Sistem adalah kelompok dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang saling berhubungan yang berfungsi dengan tujuan yang sama.

a.       Pengertian umum mengenai  sistem ada empat, yaitu :
-          Banyak komponen
-          Saling berhubungan
-          Sistem vs subsistem
-          Tujuan yang sama

b.      Sistem memiliki tiga karakteristik menurut definisinya, yaitu sebagai berikut :
-          Komponen
-          Proses
-          Tujuan

c.       Setiap sistem dibuat untuk menangani sesuatu yang berulangkali atau yang secara rutin terjadi.
d.      Komponen-komponen dari suatu sistem biasanya dikenal dengan subsistem.
e.       Suatu sistem juga mempunyai sistem yang lebih besar yang dikenal dengan suprasistem.

f.       Model Sistem Sederhana

Input                                   Proses                                              Output

2.      Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi adalah satu kesatuan sumber-sumber daya, seperti orang dan peralatan, yang dirancang untuk mengubah keuangan dan sumberdaya lainnya menjadi informasi, SIA dapat dilaksanakan secara manual maupun komputerisasi.

a.      Komponen SIA

·         Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut dan melaksanakan berbagai fungsi
·         Prosedur-prosedurbaik manual maupun terotomatisasi yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi.
·         Data tentang proses-proses bisnis organisasi.
·         Software yang dipakai untuk menyimpan data organisasi.
·         Infrastruktur teknologi informasi, termasuk komputer, peralatan pendukung dan peralatan untuk komunikasi jaringan .

b.      Fungsi SIA

1)      Mendukung fungsi administrasi (stewardship) pihak manajemen.
2)      Mendukung pengambilan keputusan pihak manajemen.
3)      Mendukung operasional harian perusahaan.

c.       Fungsi SIA dalam Organisasi

1)      Mengumpulkan dan menyimpan aktivitas yang dilaksanakan disuatu organisasi, sumberdaya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut dan para pelaku dalam aktivitas tersebut.
2)      Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen.
3)      Menyediakan pengendalian internal yang memadai.

d.      Mengapa Perlu Belajar SIA ?

1)      SIA merupakan bagian fundamental dalam pendidikan.
2)      Keterampilan dalam bidang SIA penting dalam mendukung keberhasilan karir.
3)      SIA merupakan komponen kunci dalam proses pembuatan keputusan.
4)      SIA mampu memenuhi kebutuhan informasi.
5)      Revolusi teknologi informasi akan merembes ke segala aspek kehidupan termasuk SIA.

3.      Value Chain

Merupakan satuan aktivitas dan sumberdaya yang diperlukan untuk menciptakan dan menyampaikan / mengirimkan produk dan jasa yang dihargai oleh pelanggan.

a.      Rantai Suplai

·         Bahan mentah pemasok
·         Pabrik
·         Distributor
·         Pengecer
·         Konsumen

b.      Analisis Value Chain

Bagaimana suatu produk itu bisa sampai dari produsen ke konsumen dengan tahapan yang lebih singkat.

c.       Konsep Value Chain

·         A low-cost strategy (strategi biaya rendah)
·         A differentiation strategy (strategi yang unik / berbeda)

d.      Aktivitas Utama dalam Rantai Nilai Organisasi

·         Inbound Logistics
Penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan.
·         Operasi
Aktivitas untuk mengubah masukan menjadi barang dan jasa.
·         Outbound Logistics
Distribusi produk ke pelanggan.
·         Pemasaran dan Penjualan
·         Pelayanan
Dukungan purna jual dan maintenance.

e.       Aktivitas Pendukung Organisasi

1)      Infrastruktur perusahaan         : akuntansi, hukum, administrasi umum.
2)      Sumberdaya manusia              : perekrutan, pengontrolan, pelatihan dan kompensasi kepada pegawai.
3)      Teknologi                                : peningkatan produk dan jasa (penelitian).
4)      Pembelian

f.       Cara SIA Menambah Nilai Organisasi

1)      Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk dan jasa.
2)      Memperbaiki efisiensi
3)      Memperbaiki pengambilan keputusan
4)      Meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan
5)      Memperbaiki keputusan
6)      Berbagi pengetahuan

4.      Informasi dan Keputusan-keputusan

·         Setiap organisasi menerima masukan-masukan dan mengubahnya menjadi keluaran-keluaran berupa produk dan jasa.
·         Dua pihak pengguna utama informasi akuntansi :
-          Pihak eksternal, terdiri dari :
Para pemegang saham, investor, kreditor, lembaga pemerintahan, pelanggan, pemasok, serikat pekerja dan masyarakat.
-          Pihak internal, terdiri dari :
Para pengelola (managers) dari berbagai tingkatan dalam organisasi bersangkutan.

5.      Akuntan dan Pengembangan SIA

·         Para akuntan dapat melaksanakan aktivitas pengembangan sistem sebagai sumber internal perusahaan atau oleh konsultan dari luar perusahaan.
·         Aktivitas pengembangan sistem sering dilakukan juga oleh auditor internal dan eksternal selama penelaahan struktur pengendalian internal SIA.
·         Tahapan umum proyek pengembangan SIA :
-          Analisa SIA
-          Perancangan SIA
-          Implementasi SIA


Sumber : Power Point Dian Priatiningsih, SE, M.Sc., dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.


1.      Pengertian Sistem

Sistem adalah kelompok dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang saling berhubungan yang berfungsi dengan tujuan yang sama.

a.       Pengertian umum mengenai  sistem ada empat, yaitu :
-          Banyak komponen
-          Saling berhubungan
-          Sistem vs subsistem
-          Tujuan yang sama

b.      Sistem memiliki tiga karakteristik menurut definisinya, yaitu sebagai berikut :
-          Komponen
-          Proses
-          Tujuan

c.       Setiap sistem dibuat untuk menangani sesuatu yang berulangkali atau yang secara rutin terjadi.
d.      Komponen-komponen dari suatu sistem biasanya dikenal dengan subsistem.
e.       Suatu sistem juga mempunyai sistem yang lebih besar yang dikenal dengan suprasistem.

f.       Model Sistem Sederhana

Input                                   Proses                                              Output

2.      Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi adalah satu kesatuan sumber-sumber daya, seperti orang dan peralatan, yang dirancang untuk mengubah keuangan dan sumberdaya lainnya menjadi informasi, SIA dapat dilaksanakan secara manual maupun komputerisasi.

a.      Komponen SIA

·         Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut dan melaksanakan berbagai fungsi
·         Prosedur-prosedurbaik manual maupun terotomatisasi yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi.
·         Data tentang proses-proses bisnis organisasi.
·         Software yang dipakai untuk menyimpan data organisasi.
·         Infrastruktur teknologi informasi, termasuk komputer, peralatan pendukung dan peralatan untuk komunikasi jaringan .

b.      Fungsi SIA

1)      Mendukung fungsi administrasi (stewardship) pihak manajemen.
2)      Mendukung pengambilan keputusan pihak manajemen.
3)      Mendukung operasional harian perusahaan.

c.       Fungsi SIA dalam Organisasi

1)      Mengumpulkan dan menyimpan aktivitas yang dilaksanakan disuatu organisasi, sumberdaya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut dan para pelaku dalam aktivitas tersebut.
2)      Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen.
3)      Menyediakan pengendalian internal yang memadai.

d.      Mengapa Perlu Belajar SIA ?

1)      SIA merupakan bagian fundamental dalam pendidikan.
2)      Keterampilan dalam bidang SIA penting dalam mendukung keberhasilan karir.
3)      SIA merupakan komponen kunci dalam proses pembuatan keputusan.
4)      SIA mampu memenuhi kebutuhan informasi.
5)      Revolusi teknologi informasi akan merembes ke segala aspek kehidupan termasuk SIA.

3.      Value Chain

Merupakan satuan aktivitas dan sumberdaya yang diperlukan untuk menciptakan dan menyampaikan / mengirimkan produk dan jasa yang dihargai oleh pelanggan.

a.      Rantai Suplai

·         Bahan mentah pemasok
·         Pabrik
·         Distributor
·         Pengecer
·         Konsumen

b.      Analisis Value Chain

Bagaimana suatu produk itu bisa sampai dari produsen ke konsumen dengan tahapan yang lebih singkat.

c.       Konsep Value Chain

·         A low-cost strategy (strategi biaya rendah)
·         A differentiation strategy (strategi yang unik / berbeda)

d.      Aktivitas Utama dalam Rantai Nilai Organisasi

·         Inbound Logistics
Penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan.
·         Operasi
Aktivitas untuk mengubah masukan menjadi barang dan jasa.
·         Outbound Logistics
Distribusi produk ke pelanggan.
·         Pemasaran dan Penjualan
·         Pelayanan
Dukungan purna jual dan maintenance.

e.       Aktivitas Pendukung Organisasi

1)      Infrastruktur perusahaan         : akuntansi, hukum, administrasi umum.
2)      Sumberdaya manusia              : perekrutan, pengontrolan, pelatihan dan kompensasi kepada pegawai.
3)      Teknologi                                : peningkatan produk dan jasa (penelitian).
4)      Pembelian

f.       Cara SIA Menambah Nilai Organisasi

1)      Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk dan jasa.
2)      Memperbaiki efisiensi
3)      Memperbaiki pengambilan keputusan
4)      Meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan
5)      Memperbaiki keputusan
6)      Berbagi pengetahuan

4.      Informasi dan Keputusan-keputusan

·         Setiap organisasi menerima masukan-masukan dan mengubahnya menjadi keluaran-keluaran berupa produk dan jasa.
·         Dua pihak pengguna utama informasi akuntansi :
-          Pihak eksternal, terdiri dari :
Para pemegang saham, investor, kreditor, lembaga pemerintahan, pelanggan, pemasok, serikat pekerja dan masyarakat.
-          Pihak internal, terdiri dari :
Para pengelola (managers) dari berbagai tingkatan dalam organisasi bersangkutan.

5.      Akuntan dan Pengembangan SIA

·         Para akuntan dapat melaksanakan aktivitas pengembangan sistem sebagai sumber internal perusahaan atau oleh konsultan dari luar perusahaan.
·         Aktivitas pengembangan sistem sering dilakukan juga oleh auditor internal dan eksternal selama penelaahan struktur pengendalian internal SIA.
·         Tahapan umum proyek pengembangan SIA :
-          Analisa SIA
-          Perancangan SIA
-          Implementasi SIA




Sumber : Power Point Dian Priatiningsih, SE, M.Sc., dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.
Advertisement

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini