Senin, 15 Desember 2014

Penulisan Daftar Riwayat Hidup

Advertisement


Daftar riwayat hidup adalah suatu ringkasan yang terstruktur dan tertulis yang berisi pendidikan dan latar belakang seseorang serta kualifikasi jabatan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun daftar riwayat hidup, yaitu sebagai berikut :
1.      Mengatur format dan gaya, seperti :

·         Kerapian
·         Sederhana
·         Akurat
·         Jujur

2.      Menyusun isi

a.       Informasi penting
Yaitu informasi tentang kontak, pendidikan dan latihan, pengalaman kerja.
b.      Informasi pilihan
Berisi tentang prestasi-prestasi, pengalaman organisasi, pengalaman kerja.
c.       Informasi yang mendatangkan
Yaitu informasi yang tidak biasanya dituliskan dalam daftar riwayat hidup namun perlu dicantumkan karena sesuai dengan kejadian tertentu.

3.      Menentukan struktur / organisasi

Pendekatan-pendekatan yang digunakan adalah :
a.       Kronologis
Mengorganisasikan aktivitas dan pencapaian prestasi seseorang berdasarkan waktu, dari yang terkini sampai yang terdahulu.
b.      Fungsional
Memfokuskan pada keterampilan atau kompetensi calon dalam bidang tertentu dan manfaat kompetensi tersebut bagi perusahaan.
c.       Sasaran
Memfokuskan perhatian pada apa yang dapat dilakukan calon pada pekerjaan yang dilamarnya.



Sumber : Siti Yunitarini, SE, MM, dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.
Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini