Advertisement
1.
Pengertian
A compeny is marketing environment consist of the
actors and forces that effect the company is ability to develop and maintain
successful transactions and relationship with its target customers.
2.
Lingkup
Lingkungan Pemasaran
a.
Lingkungan
Internal Perusahaan
Merupakan kekuatan-kekuatan yang
dapat dikendalikan (controlable). Para
manajer kelompok/divisi/bagian pelaku lingkungan mikro internal perusahaan
harus saling bekerjasama secara berkesinambungan yang selanjutnya keputusan
strategis akan diputuskan oleh manajemen puncak, sebelum masing-masing
divisi/bagian mengimplementasikan segala rencananya
Lingkungan
internal perusahaan, terdiri dari
-
Human resource (sumberdaya manusia)
-
Bidang keuangan
-
Bidang produksi
-
Pemasaran
-
Pembelian
b.
Lingkungan
Eksternal Perusahaan
Merupakan kekuatan-kekuatan yang
terkadang tidak dapat dikendalikan (uncontrolable).
1)
Lingkungan
Mikro Eksternal Perusahaan
-
Pemasok
Adalah
perusahaan-perusahaan atau individu-individu yang menyediakan sumberdaya yang
dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang-barang dan
jasa tertentu.
-
Para
perantara pemasaran
Adalah
perusahaan-perusahaan yang membantu dalam promosi, penjualan, dan distribusi
barang-barang kepada pembeli terakhir.
Para
perantara pemasaran meliputi :
·
Perantara (middleman)
Adalah perusahaan dagang yang
membantu perusahaan mendapatkan pembeli atau menutup penjualan dengan mereka.
·
Perusahaan distribusi fisik
Adalah perusahaan yang membantu
menyimpan dan mengirimkan barang-barang dari dan ke tempat yang dituju,
diantaranya perusahaan pergudangan dan perusahaan transportasi.
·
Agen jasa pemasaran
Adalah perusahaan yang membantu
perusahaan dalam rangka mengarahkan dan mempromosikan produknya ke pasar yang
tepat. Misalnya, lembaga penelitian pemasaran, agen periklanan, perusahaan
media, dan perusahaan konsultan pemasaran.
·
Perantara keuangan
Adalah perusahaan yang membantu
dalam segi keuangan atau resiko yang diasuransikan sehubungan dengan pembelian
dan penjualan barang. Misalnya bank, perusahaan asuransi, dll.
·
Pelanggan
Adalah mereka yang berhubungan
dengan perantara, pemasok, atau perusahaan agar dapat menyediakan produk dan
jasa yang diinginkan.
·
Pesaing
Adalah sekelompok perusahaan yang
melakukan penjualan atau pembelian barang dan jasa sejenis kepada para
pelanggan atau pasar sasaran.
·
Masyarakat umum
Adalah sekelompok orang yang
mempunyai minat nyata atau yang masih terpendam atau yang memberikan dampak
terhadap kemampuan perusahaan yang mencapai sasarannya.
2)
Lingkungan
Makro Eksternal Perusahaan
·
Kependudukan
Ledakan pertumbuhan penduduk dunia,
tingkat kelahiran dan kematian, jenis kelamin penduduk, pendidikan penduduk.
·
Ekonomi
Perubahan pendapatan, perubahan
pola pengeluaran penduduk.
·
Fisik
Ketersediaan bahan baku / bahan
mentah, biaya energi.
·
Teknologi
Laju percepatan perubahan penduduk,
anggaran biaya penelitian.
·
Politik
Jumlah perundang-undangan pokok
yang mengatur bisnis, pelaksanaan undang-undang.
·
Sosial budaya
Nilai-nilai budaya pokok bertahan
kuat, nilai-nilai budaya sekunder yang berubah-ubah.
·
Lingkungan demografis
Demografi adalah studi kependudukan
manusia menyangkut ukuran kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, lapangan
kerja, dan data-data statistik lain. Lingkungan demografis menjadi minat utama
perusahaan karena, menyangkut masyarakat dan masyarakat membentuk pasar.
·
Lingkungan alam
Lingkungan ekonomi adalah
faktor-faktor yang mempengaruhi daya
beli dan pola pengeluaran konsumen. Suatu bangsa mempunyai tingkat dan
distribusi pendapatan yang sangat beragam. Sejumlah negara mempunyai ekonomi
subsisten-negara mengkonsumsi hasil pertanian dan industrinya sendiri. Negara-negara menawarkan peluang pasar
yang kecil. Ekonomi industri menawarkan pasar yang kaya untuk berbagai jenis
barang yang berbeda.
Sumber : Power Point Danang Satrio, SE., MM., dosen fakultas
ekonomi Universitas Pekalongan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini