Rabu, 17 Desember 2014

Lingkungan Pemasaran

Advertisement


1.      Pengertian

A compeny is marketing environment consist of the actors and forces that effect the company is ability to develop and maintain successful transactions and relationship with its target customers.

2.      Lingkup Lingkungan Pemasaran

a.      Lingkungan Internal Perusahaan

Merupakan kekuatan-kekuatan yang dapat dikendalikan (controlable). Para manajer kelompok/divisi/bagian pelaku lingkungan mikro internal perusahaan harus saling bekerjasama secara berkesinambungan yang selanjutnya keputusan strategis akan diputuskan oleh manajemen puncak, sebelum masing-masing divisi/bagian mengimplementasikan segala rencananya

Lingkungan internal perusahaan, terdiri dari
-          Human resource (sumberdaya manusia)
-          Bidang keuangan
-          Bidang produksi
-          Pemasaran
-          Pembelian

b.      Lingkungan Eksternal Perusahaan

Merupakan kekuatan-kekuatan yang terkadang tidak dapat dikendalikan (uncontrolable).

1)      Lingkungan Mikro Eksternal Perusahaan

-            Pemasok
     Adalah perusahaan-perusahaan atau individu-individu yang menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang-barang dan jasa tertentu.

-            Para perantara pemasaran
     Adalah perusahaan-perusahaan yang membantu dalam promosi, penjualan, dan distribusi barang-barang kepada pembeli terakhir.

Para perantara pemasaran meliputi :
·         Perantara (middleman)
Adalah perusahaan dagang yang membantu perusahaan mendapatkan pembeli atau menutup penjualan dengan mereka.
·         Perusahaan distribusi fisik
Adalah perusahaan yang membantu menyimpan dan mengirimkan barang-barang dari dan ke tempat yang dituju, diantaranya perusahaan pergudangan dan perusahaan transportasi.
·         Agen jasa pemasaran
Adalah perusahaan yang membantu perusahaan dalam rangka mengarahkan dan mempromosikan produknya ke pasar yang tepat. Misalnya, lembaga penelitian pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, dan perusahaan konsultan pemasaran.
·         Perantara keuangan
Adalah perusahaan yang membantu dalam segi keuangan atau resiko yang diasuransikan sehubungan dengan pembelian dan penjualan barang. Misalnya bank, perusahaan asuransi, dll.
·         Pelanggan
Adalah mereka yang berhubungan dengan perantara, pemasok, atau perusahaan agar dapat menyediakan produk dan jasa yang diinginkan.
·         Pesaing
Adalah sekelompok perusahaan yang melakukan penjualan atau pembelian barang dan jasa sejenis kepada para pelanggan atau pasar sasaran.
·         Masyarakat umum
Adalah sekelompok orang yang mempunyai minat nyata atau yang masih terpendam atau yang memberikan dampak terhadap kemampuan perusahaan yang mencapai sasarannya.

2)      Lingkungan Makro Eksternal Perusahaan

·         Kependudukan
Ledakan pertumbuhan penduduk dunia, tingkat kelahiran dan kematian, jenis kelamin penduduk, pendidikan penduduk.
·         Ekonomi
Perubahan pendapatan, perubahan pola pengeluaran penduduk.
·         Fisik
Ketersediaan bahan baku / bahan mentah, biaya energi.
·         Teknologi
Laju percepatan perubahan penduduk, anggaran biaya penelitian.
·         Politik
Jumlah perundang-undangan pokok yang mengatur bisnis, pelaksanaan undang-undang.
·         Sosial budaya
Nilai-nilai budaya pokok bertahan kuat, nilai-nilai budaya sekunder yang berubah-ubah.
·         Lingkungan demografis
Demografi adalah studi kependudukan manusia menyangkut ukuran kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, lapangan kerja, dan data-data statistik lain. Lingkungan demografis menjadi minat utama perusahaan karena, menyangkut masyarakat dan masyarakat membentuk pasar.
·         Lingkungan alam
Lingkungan ekonomi adalah faktor-faktor yang mempengaruhi  daya beli dan pola pengeluaran konsumen. Suatu bangsa mempunyai tingkat dan distribusi pendapatan yang sangat beragam. Sejumlah negara mempunyai ekonomi subsisten-negara mengkonsumsi hasil pertanian dan industrinya sendiri. Negara-negara menawarkan peluang pasar yang kecil. Ekonomi industri menawarkan pasar yang kaya untuk berbagai jenis barang yang berbeda.



Sumber : Power Point Danang Satrio, SE., MM., dosen fakultas ekonomi Universitas Pekalongan.
Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah ini